MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN FIQH IBADAH PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERNYANYI DI RA NURUL HIKMAH BAYONGBONG GARUT
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pada kemampuan pemahaman fiqh ibadah anak usia dini di RA Nurul Hikmah Bayongbong, perlunya metode pembelajaran yang menyenangkan buat menunjang proses pembelajaran yang menarik, aktif dan inovatif. Metode pembelajaran dengan menggunakan metode bernyanyi dapat mengefektifkan pembelajaran kemampuan pemahaman fiqh ibadah anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk terdeskripsinya kemampuan pemahaman fiqh ibadah anak usia dini di RA Nurul Hikmah, terdeskripsikannya penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran fiqh ibadah pada RA Nurul Hikmah dan terdeskripsikannya pemahaman fiqh ibadah anak usia dini sesudah diterapkan metode bernyanyi di RA Nurul Hikmah Bayongbong. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis MC dan Taggart, pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Data analisis menggunakan data kualitatif, penelitian ini dilakukan di RA Nurul Hikmah Bayongbong sebanyak 19 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian peningkatan kemampuan pemahaman fiqh ibadah pada anak usia dini di RA Nurul Hikmah Bayongbong Garut mengalami peningkatan hal tersebut dilihat dari data akumulasi hasil dari prasiklus dengan persentase 11%, pada siklus pertama meningkat dengan peningkatan persentase 37% dan pada siklus kedua mengalami peningkatan dengan persentase 74%. Kata kunci: Kemampuan, Ibadah, Kreativitas