PENANAMAN KARAKTER TA’AWUN PADA ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN DENGAN BANTUAN MEDIA POHON KARAKTER DI RA PERSIS 96 AL-MANAR BAYONGBONG GARUT

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keadan siswa yang masih memiliki sikap acuh disaat temannya mendapat musibah bahkan mereka tidak mau membantu sama sekali, ditambah lagi kurangnya penanaman karakter ta’awun dalam kegiatan pembelajaran, guru cenderung mengutamakan akademiknya saja. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman karakter ta’awun anak usia dini 5-6 tahun di RA Persis 96 Bayongbong. Setelah penelitian ini selesai diharapkan memberikan masukan kepada guru dalam penerapan karakter. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa persentasi penanaman karakter ta’awun anak pra siklus 10%, siklus I 26%, siklus II 53%, siklus III 89%. Dengan demikian Peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa penanaman karakter ta’awun anak usia dini pada kelompok B di RA Persis 96 Almanar Bayongbong setelah diberi tindakan dengan bantuan media pohon karakter mengalami peningkatan yang signifikan. Kata kunci: Penanaman karakter ta'awun, anak usia dini, media pohon karakter.