IMPLIKASI KUALIFIKASI AKADEMIK GURU TERHADAP PEMBELAJARAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI DI KB MIFTAHUL HUDA CISURUPAN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implikasi kualifikasi Akademik guru terhadap pembelajaran motorik halus Anak kelompok A di KB Miftahul Huda Cisurupan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah Guru Sarjana, Guru Non Sarjana dan semua anak kelompok A yang berusia 4-5 tahun di KB Miftahul Huda Cisurupan yang berjumlah 14 anak, terdiri dari 4 anak perempuan dan 10 anak laki-laki dan anak Kelompok B yang berjumlah 15 anak, terdiri dari 9 anak Perempuan dan 6 anak laki-laki. Objek penelitian ini adalah pembelajaran motorik halus kelompok B. Data pada penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Teknik deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus tunggal. Hasil penelitian ini mendeskripsikan perencanaan pembelajaran KB Miftahul Huda Cisurupan hanya menggunakan RPPH. Persiapan media dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung. Pelaksanaan kegiatan dapat berubah sesuai dengan kehendak guru yang terkadang tidak mengacu pada RPPH yang sudah dibuat. Media yang digunakan belum terpusat pada anak seperti penggunaan lem kayu sebagai perekat, penggunaan kertas HVS sebagai pengganti kertas origami. Hasil penelitian ini juga menunjukkan minimnya evaluasi yang dilakukan oleh Guru belum sarjana. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran motorik halus kelompok B oleh guru non sarjana ada perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran belum mengacu pada perencanaan. Kata Kunci: Kualifikasi Akademik Guru, Pembelajaran Motorik Halus,Anak Kelompok B