Pengembangan Bibliokonseling untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Abstract

Siswa mengalami masalah motivasi belajar yang berasal dari faktor internal yaitu merasa malas untuk belajar. Teknik yang tepat untuk meningkatkan motivasi belajar adalah Bibliokonseling karena merupakan bentuk dukungan terapi lewat bahan bacaan untuk membantu siswa yang memiliki masalah. Pengembangan yang dilaksanakanĀ  menggunakan model ADDIE. MelaluiĀ empat instrumen penelitian yaitu, angket kebutuhan, pedoman wawancara, skala motivasi belajar, dan format penilaian buku Bibliokonseling. Terdapat tiga tahap dalam menilai validitas dan reliabilitas Bibliokonseling yaitu uji validitas dan reliabilitas ahli materi BK, media, dan bahasa. Data kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh, kemudian dilolah, kemudian dijadikan sebagai dasar nilai untuk melanjutkan pengembangan Bibliokonseling. Dari penilaian validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa produk yang dibuat valid dan reliabel karena sudah memenuhi segi kegunaan, kemenarikan kemudahan, dan ketepatan sehingga harapannya dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.