STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH DALAM UPAYA MENGEMBANGKAN UMKM PADA BSI KANTOR CABANG DIPONEGORO KOTA PONTIANAK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan produk pembiayaan murabahah dalam upaya mengembangkan UMKM pada BSI Kantor Cabang Diponegoro Kota Pontianak dan mengetahui kendala dalam pengembangan strategi pengembangan produk pembiayaan murabahah dalam upaya mengembangkan UMKM pada BSI Kantor Cabang Diponegoro Kota Pontianak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian lapangan dengan mewawancarai Pimpinan Cabang, Finance Support Manager, dan Unit Head Mikro BSI Kantor cabang Diponegoro. Selain itu menggunakan dokumentasi dalam pengumpulan data-data dari lapangan. Triangulasi dilakukan dengan mewawancarai nasabah UMKM. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa strategi pengembangan produk pembiayaan murabahah Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Diponegoro dikelompokkan menjadi dua, yaitu internal dan eksternal. Dari sisi internal dilakukan pengecekan kelengkapan data pengajuan pembiayaan seperti bukti fisik administrasi, jaminan, surat pernyataan kesanggupan, dan survey lapangan. Dari sisi eksternal, mengacu kepada menjemput bola dengan mendatangi nasabah secara langsung ke rumah, pasar, kantor, dan sekolah. Kendala dalam pengembangan strategi pengembangan produk pembiayaan murabahah dalam upaya mengembangkan UMKM pada BSI Kantor Cabang Diponegoro Kota Pontianak adalah nasabah yang melakukan pembiayaan murabahah tidak sesuai dengan aturan bank, kedisiplinan dalam pembayaran angsuran, dan penghasilan nasabah yang tidak tetap.