PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN COUNTAX DICEBOARD SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN LITERASI AKUNTANSI DAN PAJAK MAHASISWA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan literasi mahasiswa sebelum dan setelah menggunakan produk pengembangan media pembelajaran berupa Countax Diceboard. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif dengan Teknik sampling purposive. Sampel penelitian berjumlah 32 mahasiswa akuntansi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan literasi akuntansi dan pajak mahasiswa setelah menggunakan media pembelajaran Countax Diceboard. Kebaharuan dari penelitian ini adalah menguji produk pengembangan media pembelajaran Countax Diceboard. Countax merupakan singkatan dari Accounting & Taxation sedangkan Diceboard merupakan model pengembangan media pembelajaran berbasis game board edutaiment. Implikasi dari penelitian ini yaitu menciptakan model pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif sehingga hasil penelitian mampu berkontribusi terhadap peningkatan literasi akuntansi dan pajak mahasiswa. Mahasiswa dengan literasi akuntansi dan pajak yang baik dapat berperan aktif di masyarakat untuk meningkatkan kepatuhan pajak, dan secara tidak langsung mampu meningkatkan penerimaan pajak yang optimal bagi negara