Metode S P J & T Literasi Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini
Abstract
Metode S P J & T merupakan metode singkat, padat, jelas & terarah dalam pembiasaan literasi Al-Quran. Tujuan dalam penelitian ini adalah menjelaskan keutamaan literasi al-Qur’an dan bagaimana upaya pembiasaan yang diterapkan kepada anak anak usia dini dengan metode SPJ&T guna meningkatkan literasi Al_Qur’an sehingga terbentuk generasi Qur’ani. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, teknik analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat diuraikan bahwa literasi Al-Qur’an merupakan konteks gerakan literasi dengan kemampuan dalam mempelajari Al-Qur’an menggunakan suatu cara antara lain membaca, menulis dan memahami Al-Qur’an, Literasi Al Qur’an menggunakan metode singkat padat jelas dan terarah yang dikenal juga dengan S P J & T diharapkan anak anak mudah membaca Al-Qur’an dan memahami tajwidnya, sehingga tidak hanya sekedar mampu membaca, tetapi anak anak mengetahui mengapa suatu bacaan itu harus dibaca jelas ataupun berdengung, disamping membaca, anak anak juga trampil menulis tulisan Arab dengan benar dan rapi.