Isi atau Materi Pendidikan: (Iman, Islam, Ihsan, Din, Amal Saleh)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap Isi Atau Materi Pendidikan: (Iman, Islam, Ihsan, Din, Amal Saleh). Metode dalam penelitian ini menggunkan metode kualitatif dengan teknik analisis konten analisis. Jenis data yang digunakan yaitu berupa data sekunder. Penelitian dilakukan dengan mengidentifikasi permasalahan yang terjadi pada pendidikan agma Islam di perguruan tinggi umum. , kemudian data dikumpulkan, dianalisis dan disimpulkan sesuai kebutuhan yang mungkin dapat menjadi penyelesaian masalah tersebut berupa strategi pengembangan kurikulum dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di perguruan tinggi umum dengan menggunakan studi kepustakaan Dari pemaparan diatas, maka dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut: 1) Islam, Iman, Ihsan, Ad-din, dan Amal saleh adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya. Islam adaalah satu-satunya agama yang diakui Allah di sisi-Nya, sedangkan Iman adalah keyakinan yang menjadi dasar akidah Islam. 2) Subtansi dari materi pendidikan Islam haruslah mencakup konsep iman, Islam dan Ihsan. Agar peserta didik setelah mengalami proses pendidikan membuatnya menjadi insan kamil dengan pola takwa. Insan kamil artinya manusia utuh jasmani dan rohani, dapat berkembang secara wajar dan normal karena takwanya kepada Allah SWT. 3) Materi pembelajaran Pendidikan Islam berbasis Islam, Iman, Ihsan, Ad-din, dan Amal saleh ialah bertujuan mengintregasikan ketiga pilar ini dalam materi ajar yang disampaikan kepada peserta didik. Sehingga peserta didik tidak hanya paham secara teori saja namun dapat merealisasikan teori tersebut dalam kehidupan sehari-hari.