Problematika Pendayagunaan Media Pembelajaran Dalam Mata Pelajaran Fikih

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Problematika Pendayagunaan Media Pembelajaran Dalam Mata Pelajaran Fikih Untuk Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Pada MTs Al-Furqon, Bangko Jaya. Jenis peneltian ini adalah penelitian lapangan ( field research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field Research) dengan tehnik pengumpulan data: wawancara, observasi, danĀ  dokumen. Langkah menganalisis data adalah dengan model analisis data Miles dan Huberman, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa a) Pendayagunaan media pembelajaran fikih pada MTs Al-Furqon Bangko Jaya ternyata masih sangat minim sekali, dan faktor yang menjadikan sehingga problema itu terjadi karena Kurangnya perhatian dan pengawasan kepala madrasah terhadap guru-guru yang ada, Kurangnya kesadaran guru akan pentingnya media pembelajaran. b) Upaya yang dilakukan oleh kepala madrasah dan guru adalah Meningkatkan kesadaran diri terhadap pentingnya media pembelajaran fikih, serta guru berusaha memaksimalkan media pembelajaran di MTs Alfurqon Bangko Jaya. c) Proses pembelajaran yang efektif dalam mata pelajaran fikih, yaitu dengan menggunakan media pembelajaran dan memahami karakter peserta didik. Serta perhatian khusus yang diberikan kepala madrasah kepada guru yang terkait penggunaan media pembelajaran.