Tujuan Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an dan Implementasinya dalam Sebuah Lembaga Pendidikan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tujuan Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an dan Implementasinya Di STIT Hidayatullah Batam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif sehingga akan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata. Data yang dianalisis di dalamnya berbentuk deskriptif dan tidak berupa angka-angka seperti halnya pada penelitian kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan ditemukan Suatu usaha yang tidak mempunyai tujuan tidak akan memiliki arti apa-apa. Dalam adagium ushuliyah dikatakan bahwa “al-umuru bi maqasidiha” (setiap tindakan dan aktivitas harus berorientasi pada tujuan atau rencana yang telah ditetapkan). Dengan demikian tujuan pendidikan merupakan factor yang sangat menentukan jalannya pendidikan sehingga perlu dirumuskan dengan sebaik-baiknya sebelum semua kegiatan pendidikan dilaksanakan. Hal paling fundamental yang membedakan system pedidikan Islam dengan pendidikan di luar Islam adalah terletak pada tujuannya. Tujuan pendidikan dalam Islam secara epistemology diambil dari tujuan penciptaan atau tujuan hidup manusia. Untuk mengetahui tujuan hidup manusia haruslah kembali kepada Al-Qur’an yang mutlak kebenarannya sebagai pedoman hidup. Namun sejauh mana konsep ini diterapkan dan diimplentasikan dalam pendidikan Islam, maka perlunya dilakukannya penelitian lapangan untuk menkonfirmasi antara teori dan praktik. Metode yang digunakan adalah Mix Recears menggabungkan antara penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Dari hasil penelitian lapangan bahwa di Kampus STIT Hidayatullah sudah diimplemnetasikan tujuan pendidikan Islam sesuai dasar penciptaan manusia yaitu Takwa, Khalifatullah dan Ibadullah.