Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Student Facilitator And Explaining pada Materi Fiqh

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Student Facilitator And Explaining Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Melaksanakan tatacara shalat wajib selain shalat lima waktu Di Kelas VII MTs Miftahul Huda.  Jenis penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian di kelas VII Mts Miftahul Huda, terdiri dari 49 siswa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa a) ) hasil belajar siswa sebelum tindakan hanya mendapat nilai rata-rata 68,36 atau 40,8% siswa yang tuntas. (2) hasil belajar siswa setelah menggunakanModel Student Facilitator and Explainingpada siklus I memperoleh nilai rata-rata 74,6 atau 67,34%  siswa yang tuntas dan hasil belajar pada siklus II meningkat menjadi 84 atau 85,7% siswa yang tuntas belajar. (3) hasil belajar siswa setelah menggunakan Model Student Facilitator And Explaining mengalami peningkatan sebesar 18,36%. Jadi penggunaan Model Student Facilitator and Explainingdapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Melaksanakan tata cara Shalat Wajib Selain Shalat Lima Waktu di kelas VII Mts Miftahul Huda.