Kemampuan Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran untuk Meningkatkan Kualitas Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Kemampuan Guru Dalam Menyusun Rencana  Pelaksanaan Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Hasil Belajar Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kotapingan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif melalui pendekatan diskriptif. Sumber data adalah kepala madrasah, waka dan majlis guru. Adapun instrumen pengumpulan data adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis diskriptif dengan cara reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini adalah guru dalam meningkatkan kualitas hasil belajar siswa adalah dengan melakukan musyawarah dengan guru bidang studi, wali kelas, kepala sekolah, pimpinan yayasan dalam hal meningkatkan kualitas hasil belajar siswa. Hasil yang dicapai teradapat peningkatan pada hasil belajar siswa terutama pada minat dan nilai belajar siswa setelah guru mampu menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran.