Pengaruh Metode Drill Terhadap Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadits

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Drill Terhadap Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadits Pada Siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Bina Ummah Kota Batam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah angket (kusioner) wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Bina Ummah Kota Batam yang berjumlah 42 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan penelitian ini menggunakan analisis linier sederhana dengan bantuan SPSS 23 for windows. Hasil penelitian ini adalah bahwa metode drill sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, selanjutnya diolah di SPSS dengan menggunakan uji Korelasi yang diperoleh sebesar 0,918 yang berada pada rentang 0,40 – 0,70 yang berarti antara Variabel X dan Variabel Y terdapat korelasi yang cukup, sedangkan nilai signifikan yang diperoleh sebesar  0,000, yang berarti ada pengaruh