Problematika Pembelajaran Materi Pendidikan Agama Islam di Madrasah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Problematika Pembelajaran Materi PAI di Madrasah. Pendekatan yang dipakai adalah penelitian murni kepustakaan (library research). Data diperoleh dari bahan bacaan yang diperoleh peneliti dari buku-buku, artikel-artikel yang termuat dalam cetak. Data dikumpulkan dan dipilah-pilah untuk mengisi jawaban dari pertanyaan penelitian yang dirumuskan. Analisa menggunakan pendekatan analisis isi (content analysis) tentang Problematika Pembelajaran Materi PAI di Madrasah. Adapun temuan dalam  penelitian  ini  adalah Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik.Adapun yang termasuk problematika pembelajaran materi pendidikan agama Islam meliputi: 1) kurikulum; 2) guru; 3) siswa; 4) sarana dan prasarana; 5) proses belajar mengajar.