Pendidikan Lingkungan dan Kesehatan dalam Perspektif Al-Qur’an

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis tentang bagaimana Pendidikan Lingkungan Dan Kesehatan Dalam Perspektif Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan studi pustaka dengan menelusuri berbagai buku dan jurnal yang otoritatif. Metode penelitian dengan pendekatan studi pustaka merupakan penelitian dimana peneliti berhadapan langsung dengan teks (naskah). Naskah yang diperoleh kemudian akan dianalisis dengan menggunakan perspektif peneliti dan digabungkan dengan berbagai teori-teori yang ada. Penelitian ini secara khusus ingin melihat bagaimana pandangan Al-Qur’an tentang pendidikan lingkungan dan kesehatan. Adapun  hasil penelitian ini adalah Al-Quran telah memberikan sinyal jauh sebelumnya bahwa lingkungan sebagai tempat bernaung dan bertempat tinggal manusia yang harus di pelihara sebaik-baiknya untuk kelangsungan hidup seluruh umat manusia. Kerena itu mengembangan model pendidikan yang ramah lingkungan adalah agenda besar yang harus dilakukan oleh setiap lembaga pendidikan Islam