Implementasi Model Pembelajaran Edutainment dan Tematik terhadap Perkembangan Kreativitas Anak di Kelompok Bermain Aisyiah Mutiara Ummi Kalasan Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriftif. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru, kepala sekolah, pengelola sekolah atau ketua yayasan Kelompok Bermain Aisyiah Mutiara Ummi Kalasan Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan instrumen yang digunakan yaitu pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah teknik analisis data reduction, data display dan conclusion drawing/verification. Hasil Penelitian adalah Implementasi model pembelajaran tematik dan edutainment di Kelompok Bermain Mutiara Ummi Kalasan memberikan hasil pembelajaran yang efektif dan kondusif untuk anak didik. Proses ini diterapkan dengan menggunakan alat dan media yang beragam dan unik. Selain itu proses ini dapat mengembangkan aspek perkembangan kreativitas anak usia dini. Proses ini juga membuat anak didik dapat merasa nyaman, tenang, tentunya juga proses pembelajaran yang menyenangkan. Proses pengembangan model pembelajaran yang dilakukan oleh guru sangat berperan penting dan saling berkaitan untuk mengembangkan aspek perkembangan anak, terutama di kelompok awal.