Pengaruh Media Pembelajaran Pohon Angka terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TKK Satap St. Theresia Wolomeli Kabupaten Ngada

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil media pembelajaran pohon angka terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan sebelum ada perlakuan dan sesudah ada perlakuan pada TKK Satap St. Theresia Wolomeli. Penelitian ini merupakan penelitian “Pre-Experimental jenis The One Group Pretest-Posttest Design”. Populasi dalam penelitian adalah anak TKK Satap St. Theresia Wolomeli berjumlah 22 anak dengan jumlah pria 7 dan wanita 15. Pengujian hipotesis menggunakan program SPSS 16.00 from windows pada kolom y nilai t-test 25.084 > 1,98 (dengan db n1 – 1) (22-1=21, taraf sig. 5%), dan nilai signifikansi = 0.000 < 0,05 maka keputusan H0 ditolak dan H1 diterima. Dari rata-rata hasil media pembelajaran pohon angka pada tabel One-Sample Statistic variabel y lebih besar dari variabel X (14.86 > 8.000). Berdasarkan hasil analisis data tersebut dinyatakan ada pengaruh media pembelajaran pohon angka terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 5-6 tahun.