MANAJEMEN PENDIDIKAN DI PAUD BINTANG SOROPADAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN

Abstract

AbstrakPendidikan anak usia dini sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Meskipun pendidikan anak usia dini termasuk pendidikan yang termasuk dalam tahap pengenalan, namun pendidikan ini telah memberikan pengaruh yang banyak bagi perkembangan pendidikan anak. Manajemen pada PAUD Bintang Soropadan yang meliputi manajemen kurikulum, kesiswaan, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana serta manajemen keuangan PAUD dan sudah dilaksanakan. Hal itu terlihat pada, pertama, mutu pembelajaran PAUD yaitu layanan yang disediakan berupa Kelompok Taman Kanak-Kanak (TK) dan Kelompok Bermain (KB). Kedua, pemenuhan tingkat pencapain perkembangan anak, pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan usia anak dan juga sesuai dengan kebutuhan masyarakat sekitar. Ketiga, pemenuhan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan untuk memenuhi standar, bahkan melebihi standar yang ada, dengan cara memberi kesempatan pendidik untuk kuliah dan mengikuti diklat. Keempat, sarana dan prasarana yang ada sekarang sudah lebih dan cukup, baik itu dari segi kuantitas maupun kualitas yang disyaratkan sesuai aturan yang ada. Sarana dan prasarana tentang alat yang aman, nyaman, terang, dan memenuhi kriteria kesehatan bagi anak, sesuai dengan tingkat perkembangan anak, memanfaatkan potensi sumber daya yang ada sudah terpenuhi. Kelima, sesuai dengan petunjuk dan aturan tentang keuangan penyelenggaraan PAUD. Pengelolaan keuangan juga sudah dikomunikasikan dengan orang tua, peserta didik dan masyarakat.Kata Kunci : Manajemen, Mutu pembelajaran, PAUDĀ