Nilai-nilai Kemanusian dalam Pendidikan Anak Usia Dini Inklusi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memetakan pendidikan inklusi terhadap anak yang memiliki potensi kecerdasan yang istimewa. Serta untuk mengetahui apakah Guru PAUD inklusi sudah menerapkan konsep pendidikan yang mengedepankan sisi kemanuasiaan atau belum. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Menggunakan pendekatan sosiologi pendidikan. Pengumpulan data diperoleh melalui studi analisis literatur. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan reduksi data, display data, verifikasi data, dan penegasan kesimpulan. Temuan penting dalam penelitian ini adalah adanya nilai-nilai kemanusiaan yang dimiliki oleh setiap pendidik, dalam memposisikan dirinya sebagai fasilitator bagi anak berkebutuhan khusus. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Guru pada PAUD inklusi harus memiliki nilai–nilai kemanusian, yang meliputi: a) Kesadaran bahwa semua anak terlahir sama, b) Mendidik dengan profesional, c) Memandang anak berkebutuhan khusus itu istimewa, d) Mendidik karena peduli, e) Mendidik dengan cinta, f) Mendidik melalui keteladanan.