PENERAPAN MODEL TOKEN EKONOMY DALAM MENINGKATKAN AKTIVE LEARNING PADA ANAK DI TK FADILAH

Abstract

Abstrak Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk mendapatkan informasi tentang bagaimana penerapan model Token Ekonomy dalam meningkatkan active learning pada anak di TK Fadilah Parepare. Dalam penelitian ini metode yang digunakan ialah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, peneliti memperlihatkan hasil yang diperoleh berdasarkan data yang ada di lapangan. Untuk pengumpulan data melalui wawancara, observasi serta dokumentasi. Melalui penerapan token ekonomy pada anak di TK Fadilah terdapat perubahan pada anak dalam meningkatkan Active learningnya. Hal ini sesuai dengan indikator active learning yaitu pembelajaran memiliki tujuan dan dapat dipahami dengan sederhana, active learning hendaknya memberikan pandangan baru kepada siswa tentang topik yang akan dibahas, active learning dapat berfungsi apabila adanya permasalahan yang menjadi pusat untuk diselesaikan, pembelajaran bersifat umpan balik, active learning memberikan siswa kesempatan untuk mengembangkan sikap terbuka terhadap hasil pembelajaran. Dari indikator active learning tersebut berdasarkan kegiatan model token ekonomy peneliti menemukan bahwa adanya peningkatan active learning pada anak melalui penerapan token ekonomy.