Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Materi Integral Luas Daerah di Bawah Kurva dan Volume Benda Putar
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengidentifikasi kesulitan belajar siswa, (2) mengidentifikasi kesulitan mengajar guru dalam materi integral luas daerah di bawah kurva dan volume benda putar (3) memberikan solusi alternatif terhadap kesulitan belajar yang dihadapi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif studi kasus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII SMAN 1 Kota Batu Tahun Ajaran 2015/2016 sebanyak 10 orang siswa. Data didapat dari hasil soal uraian materi integral luas daerah di bawah kurva dan volume benda putar yang dianalisis dengan mengelompokan hasil jawaban berdasarkan tingkat kesalahannya. Data pendukung lain sebagai bahan analisis adalah hasil wawancara dengan guru mata pelajaran yang bersangkutan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesulitan belajar siswa terletak pada pada pemahaman konsep (prasyarat konsep grafik, konsep daerah yang diraster) dan penerapan rumus dasar. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan metode pembelajaran problem posing.