KARAKTERISTIK SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI TINGKAT SEKOLAH DASAR

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik butir soal UAS Kelas IV Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti tingkat Sekolah Dasar di Kabupaten Hulu Sungai Selatan berdasarkan: (1) Tingkat Kesukaran, (2) indeks daya beda, dan (3) efektivitas distraktor. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan melakukan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik butir soal UAS Kelas IV Sekolah Dasar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berdasarkan analisis empiris dengan pendekatan teori respon butir, 24 butir memiliki daya beda yang baik, 20 butir memiliki tingkat kesukaran yang baik, dan 12 butir memiliki efektivitas distractor yang baik dari 24 butir yang dianalisis. Karakteristik butir yang baik berdasarkan daya beda, tingkat kesukaran dan efektivitas distractor secara bersama-sama sebanyak 8 dari 24 butir yang dianalisis.