AMTSÂL AL-QUR’ÂN SEBUAH METODE ALTERNATIF DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Abstract

Abstrak: Alquran sebagai kitab suci Islam merupakan sumber inspirasi untuk dikaji dari berbagai sudut pandang, termasuk dalam bidang pendidikan. Amtsâl al-Qur’ân, disamping digunakan sebagai materi, juga bisa dimanfaatkan sebagai sebuah metode untuk lebih memperjelas pemahaman, lebih mengena, dan tujuan-tujuan lainnya. Untuk menjadikan sebuah metode alternatif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, seorang praktisi pendidikan harus memahami amtsâl dalam Alquran secara menyeluruh, mengetahui tujuan-tujuan amtsâl, memilih tujuan amtsal yang relevan dengan tujuan pembelajaran yang disampaikannya, mampu mencari perumpamaan sendiri yang relevan dengan tujuan amtsal dan tujuan pelajaran yang disampaikannya, serta mampu menunjukkan dan atau mengungkapkan perumpamaan itu secara jelas dan mudah dipahami oleh para anak didiknya. Dengan demikian praktisi Pendidikan Agama Islam bisa lebih mengoptimalkan hasil dari proses belajar mengajar.