Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Abstrak: Pendidikan merupakan salah satu cara yang diharapkan dapat membentuk manusia yang cerdas guna meningkatkan sumber daya manusia, karena dalam pendidikan diyakini dapat mendorong dan memaksimalkan potensi siswa agar dapat bersikap kritis, logis dan inovatif dalam menghadapi dan menyelesaikan setiap permasalahan yang dihadapinya. Salah satu mata pelajaran dalam pendidikan yang dianggap dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) adalah IPA, karena dalam pembelajaran IPA tidak hanya untuk memahami konsep-konsep ilmiah dan aplikasinya dalam masyarakat, melainkan juga mengembangkan berbagai nilai. Penerapan pembelajaran IPA yang demikian harus mulai dibiasakan sejak pendidikan dasar (tingkat madrasah ibtidaiyah). Pembelajaran yang ilmiah, aktif dan kritis dapat diaplikasikan dalam pembelajaran IPA melalui keterampilan proses sains, karena dengan keterampilan tersebut siswa tidak hanya mempelajari teori, tetapi siswa dituntut untuk terlibat aktif dalam pembelajaran, selain itu siswa dapat memeriksa proses pembelajaran secara langsung dan berpikir tentang menerapkannya dalam konteks ilmiah.