Problematika Penggunaan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika di SMP Islam Hasanuddin

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika di SMP Islam Hasanuddin Dau serta memberikan alternatif penyelesaian untuk mengatasi problematika tersebut. Penelitian dilaksanakan di SMP Islam Hasanuddin Dau, Malang dengan pendekatan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah satu orang guru matematika dan dua orang peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Diantara hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika di sekolah ini, yaitu: (1) kurangnya ketersediaan alat peraga yang memadai untuk materi yang seharusnya diajarkan dengan menggunakan alat peraga; (2) guru hanya menggunakan alat peraga yang ada tanpa adanya inisiatif untuk membuat alat peraga sendiri; dan lainnya. Alternatif penyelesaian untuk mengatasi problematika tersebut dengan membuat alat peraga sederhana.