Pendekatan Pembelajaran Dalam KKNI

Abstract

Abstrak: Tulisan ini menyajikan tentang kurikulum pembelajaran bahasa arab di perguruan tinggi yang ada di Indonesia yang masih menyisakan berbagai polemik yang perlu dipikirkan bersama. Dalam pembahasannya disajikan tentang konsep kurikulum di perguruan tinggi mulai dari sejarah, perubahan yang terjadi dari awal sampai dengan sekarang. Kemudian juga disajikan tentang pembelajaran bahasa arab dari segi konsep pembelajaran dan bahasa arab sendiri, kemudian di poin terakhir penulis mencoba untuk menyajikan tentang kurikulum pembelajaran bahasa arab diperguruan tinggi dengan melihat dari segi tujuan dan segi proses pembelajaran tersebut. Dari tulisan ini diharapkan adanya gambaran tentang kurikulum pendidikan tinggi di Indonesia khususnya kurikulum pembelajaran bahasa arab yang ada di pergururan tinggi, baik itu di perguruan tinggi secara umum ataupun perguruan tinggi Islam secara khusus. Khususnya tentang tujuan dari pembelajaran bahasa arab tersebut sehingga kurikulum dapat disusun sesuai dengan tujuan yang diharapkan dan berkesesuaian antara tujuan dan komponen-komponen lain dalam kurikulum tersebut.