Perencanaan Pembelajaran Pada Anak Usia Dini
Abstract
Abstrak: Perencanaan pembelajaran perlu siapkan sebelum menyampaikan materi pelajaran. Perencanaan sangat menentukan keberhasilan pencapaian tujuan suatu pembelajaran. Perencanaan pembelajaran pada anak usia dini ada beberapa hal yang perlu disiapkan antara lain pengelolaan kelas, program semester, program mingguan dan rencana program kegiatan harian. Secara khusus proses pembelajaran pada anak usia dini haruslah didasarkan pada prinsip-prinsip perkembangan anak usia dini sebagai berikut: 1) proses kegiatan belajar harus dilaksanakan berdasarkan prinsip belajar melalui bermain, 2) proses kegiatan belajar anak usia dini dilakukan dalam lingkungan yang kondusif dan inovatif, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan, 3) proses kegiatan belajar anak usia dini dilaksanakan dengan pendekatan tematik dan terpadu, 4) proses kegiatan belajar mengajar harus diarahkan pada pengembangan potensi kecerdasan secara menyeluruh dan terpadu.