KECERDASAN SPASIAL SISWA SMA DALAM MEREPRESENTASIKAN PERSOALAN GEOMETRI DITINJAU BERDASARKAN GENDER
Abstract
Kecerdasan spasial merupakan salah satu bentuk kecerdasan yang penting dikuasai di Abad 21. Terdapat hipotesis awal menunjukan adanyan keterkaitan antara kecerdasan spasial dengan ilmu Geometri. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap Kecerdasan spasial siwa dalam menghadapi persoalan geometri ditinjau dari kemampuan spasial. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Banua Kalimantaan Selatan yang dikategorikan berdasarkan gender. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian soal olimpiade terkait geometri. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan (1) ssiswa perempuan menunjukan kelengkapan penggunaan indikator kecerdasan spasial dalam merepresentasikan permasalahan geometri; (2) terdapat satu indikator kecerdasan spasial yang tidak terpenuhi pada siswa laki-laki yaitu "mampu menghubungkan antara data yang diketahui dengan konsep yang dimilikiā; (3) siswa perempuan menunjukan variasi dalam penggunaan indikator kecerdasan spasial untuk perepresentasikan permasalahan; (4) siswa laki-laki cenderung lebih seragam dan lebih merata dalam penggunaan indikator kecerdasan spasial untuk merepresentasikan permasalahan