STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA TINGKAT DASAR DI PAUD ISTIQLAL BANJARMASIN

Abstract

Usia dini adalah fase keemasan pada masa perkembangan anak. Anak usia dini yang dimaksud merupakan anak berumur 0-6 tahun. Pada masa ini anak mengalami pertumbuhan pesat khususnya dalam hal bahasa dan berbahasa. Berbahasa pada dasarnya adalah berkomunikasi, sehingga seharusnya belajar bahasa adalah belajar berkomunikasi dengan bahasa yang diajarkan, begitu juga dengan belajar bahasa Arab yang bisa dilakukan sedini mungkin, namun pembelajaran bahasa asing untuk anak usia dini tentu memerlukan strategi agar ketercapaian pembelajaran bisa maksimal. Tulisan ini membahas beberapa startegi yang dipakai dalam pembelajaran bahasa Arab pada tingkat Dasar di Istiqlal Banjarmasin, adapun beberapa strategi yang digunakan adalah strategi pembelajaran langsung yang meliputi strategi memori, kognitif, dan kompensasi, dan strategi pembelajaran tidak langsung yaitu strategi metakognitif. Tulisan ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif dan analisis deskriptif. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, PAUD, Bahasa Arab.