ANALISIS PERENCANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS RENDAH DI MIN 8 TAPIN

Abstract

Abstrak Pelaksanaan pembelajaran tematik diperlukan persiapan yang matang oleh guru, mulai dari perencanaan, pembelajaran hingga pada persiapan media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan pembelajaran tematik di kelas rendah di MIN 8 Tapin. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field reseach) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik analisis data menggunakan teknis analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, secara keseluruhan perencanaan pembelajaran tematik pada guru kelas rendah di MIN 8 Tapin sudah baik, sesuai dengan peraturan Permendikbud Nomor 14 Tahun 2019, yang di dalamnya memuat 3 komponen yang harus ada di dalam RPP. Yakni, tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran. Namun, beberapa aspek penunjang pada setiap komponen pada RPP belum terpenuhi sepenuhnya. Kata kunci: Perencanaan, Pembelajaran, Tematik, Kelas Rendah.