ANALISIS KEPUASAN PEMBELI DALAM TAKARAN TIMBANGAN MENURUT EKONOMI SYARIAH
Abstract
Latar belakang penelitian ini yakni, adanya keluhan dari pembeli bahwa mereka kurang puas dengan takaran dan timbangan yang digunakan pedagang dalam menjual barang dagangan. Dipasar tersebut terdapat sebagian pedagang menggunakan timbangan yang sudah tidak layak pakai sehingga pembeli kurang puas dengan ketepatan yang dihasilkan oleh timbangan tersbeut. Permasalah dalam penelitian ini yakni bagaimana kepuasan pembeli dalam takaran timbangan yang ada dipasar Rumbio dan bagaimana tinjauan Ekonomi Syariah tentang kepuasan pembeli dalam takaran timbangan yang ada dipasar Rumbio. Penelitian ini berlokasi di Pasar Rumbio Desa Rumbio Kecamatan Kampar. Populasi dalam penelitian ini adalah para pembeli yang ada dipasar Rumbio sebanyak 50 orang, dengan menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode obsevasi, wawancara, angket, studi pustaka dan dokumentasi. Setelah data terkumpul penulis melakukan analisa data dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, serta menggunakan metode penulisan yaitu metode deduktif, metode induktif dan metode dekriptif. Hasil penelitian analisis kepuasan pembeli dalam takaran timbangan dipasar Rumbio dilihat dari kesesuaian harapan, tidak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pembeli, dilihat dari kesediaan untuk berbelanja kembali, pembeli tidak bersedia untuk kembali berbelanja jika kepuasan mereka tidak terpenuhi, dan tidak mau merekomendasikan pedagang tersebut. Tinjauan Ekonomi Syariah tentang analisis kepuasan pembeli dalam takaran timbangan dipasar Rumbio, tidak sesuai dengan prinsip-prinsip dalam ekonomi Syariah. Dalam Islam, seharusnya jual beli itu dilakukan secara transparan antara penjual dan pembeli, tidak merugikan dan tidak menzalimi salah satu pihak.