PENGARUH PRICE DISCOUNT TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA CV. CITA RASA BARU PEKANBARU PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH
Abstract
Strategi pemasaran yang berorientasi pada pelanggan, membuat industri wajib menguasai kebutuhan pelanggan buat menggapai kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Price Discount terhadap Loyalitas Pelanggan di distributor CV. Cita Rasa Baru Pekanbaru. Bagaimanakah tinjauan ekonomi syariah tentang Price Discount terhadap Loyalitas Pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah 106 responden, namun sampel yang digunakan sebanyak 84 responden. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode observasi, kuesioner dan dokumentasi. Adapun variabel yang diteliti meliputi Price Discount sebagai variabel bebas dan Loyalitas Pelanggan sebagai variabel terikat. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan hasil analisis persamaan regresi diperoleh Y = 1,082 + 0,777X artinya nilai konstanta a= 1,082, mengandung arti bahwa ketika variabel Price Discount (X) dianggap sama dengan 0, maka nilai variabel Loyalitas Pelanggan (Y) 1,082 dan nilai Price discount (X)= 0,777 hal ini menyatakan bahwa setiap penambahan 1% nilai Price discount, maka nilai Loyalitas Pelanggan bertambah sebesar 0,776. Koefisiean regresi tersebut bernilai positif, sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh variabel X terhadap Y adalah positif. Dari nilai koefidien determinasi (R2) sebesar 0,513 artinya nilai tersebut menggambarkan bahwa sumbangan pengaruh variabel independen (Price discount) terhadap naik turunnya variabel dependen (Loyalitas Pelanggan) adalah sebesar 51,3% dan sisanya 48,7% dipengaruhi oleh variabel. Adapun dari segi ekonomi syariah, maka usaha disributor mampu menjadikan Price discount untuk menunjang penjualan menjadi lebih baik, serta memberikan pernyataan kepada pelanggan tentang Price discount dengan kejujuran dan keadilan