STRATEGI PEMASARAN RUMAH MAKAN MAK MOK TEMBILAHAN DALAM MEMPERTAHANKAN KELANGSUNGAN USAHA MENURUT TINJAUAN EKONOMI SYARIAH

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada saat ini banyak sekali masyarakat yang membuka usaha rumah makan, dan hampir semua menu-menu yang disediakan sama, hanya satu atau dua jenis makanan yang berbeda. Hal ini membuat pendapatan dari rumah makan Mak Mok menurun. Dengan begitu Rumah Makan Mak Mok membuat strategi pemasaran agar bisa mempertahankan kelangsungan usahanya. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana strategi pemasaran Rumah Makan Mak Mok Tembilahan dalam mempertahankan kelangsungan usaha, dan apa saja hambatan dalam pemasaran pada usaha Rumah Makan Mak Mok Tembilahan serta bagaimana Tinjauan Ekonomi Syariah tentang strategi pemasaran Rumah Makan Mak Mok Tembilahan dalam mempertahankan kelangsungan usaha. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Adapun informan penelitian berjumlah 5 orang. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara,dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan Rumah Makan Mak Mok yaitu bauran pemasaran 4p (Product, Price, Promotion, dan Place) sudah cukup memadai dan berjalan secara efektif. Ditinjau dari ekonomi syariah dalam menjalankan strategi pemasarannya sudah sesuai dengan prinsip syariah. Kendala atau hambatan yang dihadapi Rumah Makan Makan Mak Mok yaitu kurangnya sarana dan prasarana dalam pengembangan pemasaran/promosi dan konsumen biasanya kecewa jika pelayanan yang diberikan dalam penyajian makanan lambat disajikan