Peningkatan Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Pada Materi Kalimat Thayyibah Melalui Metode Problem Based Learning

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam kegiatan pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah. Guru dituntut harus bisa untuk dapat mengembangkan bahkan memajukan serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Karena selama ini peserta didik hanya diberi pembelajaran dengan metode yang monoton dan konvensional saja, sehingga berdampak dari hasil belajar peserta didik menurun. Menyikapi permasalahan tersebut perlu dikembangkan sebuah media pembelajaran yang tepat dan efektif. Metode Problem Basid Learning sebagai salah satu metode yang dapat menjadikan pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik akan lebih efektif dan menyenangkan karena peserta didik terlibat langsung dalam proses pembelajaran, sehingga diharapkan dengan adanya penerapan metode problem based learning dalam mata pelajaran akidah akhlak mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jenis desain penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom research. Penelitian ini lebih bersifat memecahkan suatu masalah yang hasilnya dideskripsikan secara menyeluruh. Subjek penelitian dalam PTK ini adalah peserta didik kelas I MIN 1 Bulukumba. Penelitian ini terdiri dari II siklus yaitu I dan II yang tiap-tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian selama II siklus ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik khususnya kalimat thayyibah (subahanallah dan masya allah) pada mata pelajaran akidah akhlak dalam penerapan metode problem based learning, mengalami peningkatan terlihat dari rata-rata nilai sebelum melakukan pada siklus 1 peserta didik yang tuntas sebanyak hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran mulai dari pratindakan, siklus I dan siklus II, yaitu 67,65 pada tahap pratindakan meningkat menjadi 75,65 pada siklus I dan kembali meningkat menjadi 80,86 pada siklus II. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak kelas I MI khususnya pada materi kalimat thayyibah (subahanallah dan masya Allah) di MIN 1 Bulukumba.