Pengaruh Bahasa Ibu (B1) Terhadap Pemerolehan Bahasa Kedua (B2)

Abstract

Penelitian ini bertujuan memaparkan pemerolehan bahasa anak usia dini dalan proses pemerolehan bahasa melalui apa yang di dengar dan di praktekkan dengan bahasa dan komsonan kata yang mereka miliki. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif karena penelitian ini memaparkan hasil penelitian berdasarkan fakta yang ada dalam kehidupan sehari hari penuturnya dan proses pemerolehan bahasa pada aspek fonologi anak. Pemerolehan bahasa kedua (B2) dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satu faktor penting yang berdampak dalam pemerolehan bahasa kedua (B2), yaitu bahasa pertamanya (B1). Permasalahan yang akan dikaji dalam jurnal ini ialah dampak atau pengaruh bahasa pertama (B1) terhadap pemerolehan bahasa kedua (B2) khususnya bahasa Indonesia. Bahasa pertama (B1) yang dikuasai terlebih dahulu, ternyata berdampak pada pemerolehan bahasa keduanya (B2) khususnya bahasa Indonesia. Ini terlihat dari adanya aksen-aksen atau nuansa kedaerahan yang sering muncul dalam ujaran bahasa Indonesia. Baik disadari atau tidak, hal ini kerap kita temukan atau jumpai dalam percakapan sehari-hari. Lingkungan formal yang menuntut penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, juga tak lepas dari permasalahan tersebut. Banyak siswa yang masih ada aksen-aksen kedaerahan dalam penggunaan bahasa Indonesia saat proses belajar sedang berlangsung. Padahal, sebagai salah satu lingkungan formal, dalam prsoses belajar di sekolah haruslah menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar bebas dari aksen-aksen kedaerahan.