Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Outsourcing PT. Mitra Garda Sarana

Abstract

PT. Mitra Garda Sarana Jakarta adalah perusahaan swasta nasional yang bergerak dalam bidang layanan jasa tenaga kerja yang berdiri sejak tahun 2016. Ruang lingkup pekerjaan perusahaan ini adalah: security service, west management, office service, gardener dan engineering. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan jasa outsourcing PT. Mitra Garda Sarana. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 37 responden yang merupakan Divisi Vendor Management dan Procurement. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling yang merupakan bagian dari non-probabilit sampling. Uji validitas instrumen dengan menggunakan product moment pearson sedangkan uji reliabilitas dengan cronbanch Alpha dengan bantuan SPSS 25. 0. Hasil penelitian membuktikan bahwa : (1) Kualitas Pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dengan nilai 5.941 dan nilai sig 0.000. (2) Harga berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dengan nilai 2.802 and sig = 0.008. (3) Kualitas Pelayanan dan Harga secara bersama-sama berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dengan nilai rsquare 0,740. Ini artinya, kualitas pelayanan dan harga 74% dan sisanya 26% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel yang diteliti.