Perbedaan Pembelajaran Daring Dengan Pembelajaran Luring Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Kelas X di SMKN 1 Boyolangu Tahun Ajaran 2021/2022

Abstract

Teknologii informasi idan komunikasii (TIK) atau Information and Communication Technology (ICT) i telah memberikani pengaruh yang isangat besar dalami kehidupan manusia dan salah satunya di bidang pendidikan. Pembelajaran Daring Learning sendiri dapat di pahami sebagai pendidikan formal yang diselenggarakan oleh sekolah yang peserta didiknya dan instrukturnya (guru) berada di lokasi terpisah sehingga memerlukan sistem telekomunikasi interkatif sebagai media penghubung keduanya dan berbagai sumber daya yang diperlukan didalamnya. Meski banyak kemudahan dan edukasi dalam pembelajaran online nyatanya hasil survey yang dilakukan Peneliti di lingkup SMK Negeri 1 Boyolangu menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan mengenai pembelajaran daring serta hasil belajar di kelas kontrol dan kelas eksperimen pada mata pelajaran pemrograman dasar kelas X jurusan Rekayasa Perangkat Lunak. Melalui penelitian ini, peneliti bermaksud Untuk mengetahui apakah ada pengaruh efektifitas pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pemrograman Dasar Kelas X Jurusan Rekasaya Perangkat Lunak di SMK Negeri 1 Boyolangu Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini didukung dengan menggunakan perangkat lunak (software) Statistical Package for Social Sciences (SPSS) versi 22.0. Penelitian ini menunjukkan Terdapat perbedaan yang signifikan mengenai pembelajaran daring dan juga hasil belajar di kelas kontrol dan kelas eksperimen pada mata pelajaran pemrograman dasar kelas X jurusan Rekayasa Perangkat Lunak   SMK Negeri 1 Boyolangu.