Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa XII IPS 2 SMA Negeri 5 Lhokseumawe melalui Model Pembelajaran Mind Mapping

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa XII IPS 2 pelajaran geografi materi peta melalui model pembelajaran mind mapping di SMA Negeri 5 Lhokseumawe. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII IPS 2 berjumlah 29 orang. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis tindakan yang dilaksanakan dalam penelitian ini mengikuti model yang dikemukakan oleh Sudjana. Perencanaan tindakan ini terdiri dari: (1) tahapan perencanaan atau planing; (2) tahapan pelaksanaan atau action; (3) tahapan observasi/observation; (4) tahapan refleksi/reflective. Hasil penilaian penelitian tindakan kelas menunjukan pembelajaran model mind mapping dapat meningkatkan kemampuan siswa SMA Negeri 5 Lhokseumawe tentang materi peta. Siklus I ditemukan: (1) nilai rata-rata kemampuan siswa materi peta pembelajaran model mind mapping memperoleh rata-rata nilai 79.90 kategori cukup, artinya belum mencapai tingkat ketercapaian tindakan; dan (2) nilai rata-rata observasi pelaku tindakan oleh observer adalah 96,25 kategori amat baik, artinya 3,75% mencapai sempurna. Siklus II ditemukan, telah mencapai kriteria keberhasilan tindakan dengan nilai rata-rata 89,49 kategori baik, artinya rata- rata nilai telah mencapai kriteria ketercapaian tindakan, dan tidak perlu dilanjutkan pada siklus berikutnya. Kesimpulan penelitian menunjukan terdapat peningkatan yang signifikan terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran geografi materi peta melalui pembelajaran model mind mapping