PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VIII-4 DI SMP ISTIQLAL DELITUA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kecerdasan Emosianal siwa kelas VIII-4 di SMP Istiqlal Deli Tua. Penelitian ini dilakukan di Istiqlal Delitua. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Istiqlal Delitua yang berjumlah sebanyak 120 Siswa dan menggunakan sampel 25 siswa untuk kelas kontrol dan 25 siswa untuk kelasĀ  Eksperimen. Berdasarkan hasil dari penelitian yang sudah dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa bimbingan kelompok terhadaap kecerdasan Kecerdasan Emosional siswa. Hal ini dapat dilihat uji statistik dari aspek-aspek pada kecerdasan emosional. Pada awalnya emosional siswa dengan aspek Layanan Bimbingan Kelompok berada pada ketegori rendah, setelah dilakukan treatment dengan Layanan Bimbingan Kelompok, Kecerdasan Emosional siswa pada aspek tersebut mulai berubah dan meningkat ke kategori sedang. dapat diketahui bahawa, sebuah item dinyatakan valid apabila hasil hitung pearson correlation > rtabel (sig. 0.05). untuk menentukan nilai dari rtabel (sig. 0.05) dapat dilihat pada bagian rtabel product moment dengan jumlah data (n) = 25 maka sebesar 0.890 sehingga item dari skala setiap pernyataan dinyatakan valid.Kata Kunci: Bimbingan konseling, Kecerdasan emosional, Bimbingan Kelompok.