ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X SMKS MELATI HAMPARAN PERAK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor-faktor kesulitan belajar pendidikan agama Islam pada siswa kelas X SMKS Melati Hamparan Perak, Sumatera Utara, tahun ajaran 2021/2022. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan metode studi deskriptif analitis. Penelitian dilaksanakan pada semester II (genap) tahun ajaran 2021/2022, per April hingga Mei 2022. Subjek penelitian ini ialah peserta didik kelas X SMKS Melati Hamparan Perak yang berjumlah 27 siswa. Adapun objek penelitian yaitu berkaitan dengan faktor-faktor kesulitan belajar pendidikan agama Islam yang dialami oleh siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik kelas X SMKS Melati Hamparan Perak hampir semua memiliki kesulitan dalam proses belajar pendidikan agama Islam, hal ini dilatarbelakangi oleh faktor internal dan eksternal. Adapun faktor internal meliputi minat belajar pendidikan agama Islam, kurangnya konsentrasi belajar siswa ketika guru menyampaikan materi ajar, dan intelegensi (kecakapan siswa dalam menerima pelajaran). Sedangkan faktor eksternal meliputi faktor lulusan sekolah dasar umum dan lingkungan belajar anak di rumah yang kurang mendukung.Kata Kunci: Faktor Internal, Faktor Eksternal, Kesulitan Belajar, Pembelajaran Pendidikan agama Islam