PENERAPAN METODE GALLERY WALK BERHADIAH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGERAHUAN ALAM (IPA)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kekatifan belajar siswa mata pelajaran IPA dengan metode gallery walk berhadiah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dirancang dalam dua siklus, dengan setiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan, Siklus 1 untuk tindakan dan Siklus 2 untuk perbaikan. Tahapan penelitian ini meliputi 4 tahapan antara lain perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah Siswa kelas VII-E MTs Al Ma'arif Rakit yang berjumlah 33 siswa dan seluruhnya berjenis kelamin perempuan. Alat atau instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, dokumentasi dan angket. Ada dua jenis analisis data dalam penelitian ini, yaitu analisis kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini menghasilkan peningkatan keaktifan belajar siswa sebesar 36,37% dari 24,24% pada pra siklus menjadi 60,61% pada siklus 1. Kemudian pada siklus 2 terjadi peningkatan sebesar 18,18% dari 60,61% pada siklus 1 menjadi 78,79% pada Siklus 2. Kualitas Pembelajaran dengan gallery walk berhadiah dapat mendorong siswa belajar secara aktif, sehingga siswa tampak kooperatif, aktif menjawab pertanyaan, aktif bertanya dan membangun rasa percaya diri. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui gallery walk berhadiah dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa sebesar 36,37% dari 24,24% pada pra siklus menjadi 60,61% pada siklus 1. Pada siklus 2, keaktifan belajar siswa meningkat sebesar 18,18% dari 60,61% pada siklus 1 menjadi 78,79% pada siklus 2.Kata kunci: Gallery walk, keaktifan