PERAN GURU BK GUNA MENINGKATKAN MORAL DAN ETIKA SISWA TERHADAP GURU SELAMA PEMBELAJARAN ONLINE MASA PANDEMI COVID 19 DI MAN 1 MEDAN

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui peranan guru BK guna meningkatkan moral dan etika siswa terhadap guru selama pembelajaran online pada masa pandemi Covid – 19. 2) Untuk mengetahui bagaimana moral dan etika siswa selama mengikuti pembelajaran online di MAN 1 Medan, 3) untuk mengetahui bagaimana cara guru bimbingan dan konseling guna meningkatkan moral dan etika siswa.Penelitian ini digunakan dengan metode penelitian kualitatif yaitu dengan meneliti peranan guru BK (Bimbingan Konseling) guna meningkatkan moral dan etika siswa terhadap guru selama pembelajaran online masa pandemic Covid – 19 di Man 1 Medan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan metode wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah mereduksi data, menyajikan data serta menarik kesimpulan.Penelitian ini memperoleh hasil bahwa peran guru BK guna meningkatkan moral dan etika siswa terhadap guru selama pembelajaran online di MAN 1 Medan adalah mengingatkan siswa agar tetap menjaga moral dan etika selama pembelajaran online dengam cara melakukan Google meet selama sebulan sekali dan meminta jam kosong bagi guru yang sudah selesai melakukan pembelajaran online, serta berkolaborasi dengan wali kelas, guru dan wali murid guna mengawasi siswa agar tetap selalu mentaati moral dan etika selama pembelajaran online.