PENINGKATAN LITERASI DATA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, TEKNOLOGI, REKAYASA DAN MATEMATIKA (STEM)
Abstract
Rendahnya literasi data peserta didik pada pelajaran Fisika yang integrasinya diharapkan menjadi pondasi dalam membangun bangsa menyongsong era revolusi industri 4.0 menjadikan peneliti melakukan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri atas 4 langkah yaitu perencanaan tindakan, penerapan tindakan, pengamatan, dan refleksi dengan dua siklus. Siklus pertama sebagai implementasi tindakan dan siklus kedua sebagai perbaikan. Pengumpulan data dengan metode teknik tes, observasi, angket, dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) nilai literasi data siklus I menghasilkan rerata 24,65 %. Kemudian siklus 2 terjadi peningkatan 70,41% sehingga menghasilkan rerata 80,86 %. 2) Hasil rerata penilaian diri terhadap minat pembelajaran STEM dengan model discovery learning melalui rancangan teknologi sederhana sangat baik sebesar 90,63%.Kata kunci: Literasi Data, Discovery Learning, STEM