PENGARUH RUANG LINGKUP IPS TERHADAP PERKEMBANGAN SISWA DI MTS PAB 2 SAMPALI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ruang lingkup IPS terhadap perkembangan siswa di MTs PAB 2 Sampali, serta beberapa hal seperti sumber dan materi yang bisa dimanfaatkan oleh peserta didik sehingga akan memunculkan perkembangan bagi peserta didik, seperti dari segi interaksi sosial, peserta didik lebih memahami dan mengetahui mengenai kehidupan sehari-hari mereka, dan dapat memahami hal yang berbau sosial yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dan kehidupan bermasyarakat. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus (case study). Untuk mendapatkan data yang searah dengan yang dibutuhkan peneliti dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yang sesuai dengan metode pengumpulan data jenis penelitian kualitatif yaitu dengan menggunakan pengumpulan data wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya pembelajaran IPS yang dalam pembelajaran IPS ini mencakup ruang lingkup IPS membuat siswa lebih mengenal, mendalami, memahami apa-apa saja yang terjadi dalam kehidupan sosial, kehidupan sehari-hari, maupun kehidupan bermasyarakat, terlebih karena ruang lingkup IPS bersentuhan dengan masyarakat dan berhubungan dengan kehidupan sehari-hari, membuat para siswa lebih memahami siswa lebih memahami segala sesuatu yang berkenaan dengan kesehariannya.