PENGARUH GURU BK DENGAN LAYANAN INFORMASI TERHADAP PEMILIHAN KARIR DI KELAS XII DI SMK IMELDA MEDAN TA 2022/2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peran guru Bimbingan dan Konseling dengan layanan informasi terhadap pemilihan karir siswa di kelas XII SMK Imelda, Medan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen non-equivalent control grup design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XII SMK Imelda, Medan,  Tahun Ajaran 2022-2023 yang berjumlah 253 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 36 siswa. Prosedur penelitian yang dilaksanakan menerapkan tiga langkah yakni Pre-Test, Proses Pemberian Layanan Informasi, dan Post-Test. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket mengenai pemilihan karir dengan jumlah pernyataan sebanyak 30 butir pernyataan. Analisis data dilakukan dengan uji t. Hasil temuan ini menunjukkan: 1.) adanya pengaruh peran guru dengan layanan informasi terhadap pemilihan karir siswa di kelas XII SMK Imelda, Medan dengan thitung > ttabel yaitu 7,349 > 1,994, atau terdapat nilai rata-rata pada tes awal adalah 50,3 dan nilai rata-rata tes akhir adalah 81,7 sehingga diperoleh selisih 31,67 poin atau terdapat nilai rata-rata tes awal adalah 55,78 dan nilai rata-rata tes akhir adalah 71,8, sehingga diperoleh selisih 16,03 poin; Simpulan pada penelitian ini menjelaskan bahwa keputusan siswa dalam memilih karir menjadi lebih baik karena adanya peran guru Bimbingan dan Konseling dengan pelaksanaan layanan informasi.Kata Kunci: Guru BK, Layanan Informasi, Pemilihan Karir