The Use Of Drama As A Strategy To Improve Students’ Speaking Skill In SMA Negeri 1 Essang
Abstract
Skripsi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa di SMA Negeri 1 Essang secara khusus di kelas XII Program Studi IPA sebagai subjek penelitian, dengan menerapkan Drama sebagai strategi belajar mengajar. Drama diajukan oleh peneliti untuk digunakan sebagai strategi untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa karena, Drama adalah kegiatan menarik dan juga merupakan sebuah wadah yang memberikan kebebasan bagi siswa untuk mengekspresikan diri mereka dan menjadi lebih aktif di dalam kelas. Desain dari penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang di desain oleh Kurt Lewin. Penelitian ini dilaksanakan dalam 4 pertemuan dalam, 2 siklus, terdiri dari 2 pertemuan di tiap siklus. Dua pertemuan pertama dilaksanakan pada tanggal 3 Mei dan 10 Mei 2018 sedangkan yang terakhir dilaksanakan pada 17 Mei dan 24 Mei 2018. Jenis Penelitian dari penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitatif dan metode pengumpulan datanya adalah Simak Limak serta untuk tekniknya menggunakan metode Simak Libat Cakap oleh Mashun (2007) sementara untuk analisis datanya peneliti menggunakan model data analisis dan teknik dari Miles and Huberman (1984).