CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK PADA JURUSAN TEKNIK OTOMASI INDUSTRI DI SMKN 4 BANDUNG

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan serta pemahaman siswa SMK Negeri 4 Bandung kelas X Teknik Otomasi Industri terhadap aplikasi Canva. Canva dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Canva dapat digunakan untuk membuat presentasi, video, dan animasi yang memudahkan guru menjelaskan konsep kompleks dengan cara yang lebih interaktif dan menarik. Pada awal penentuan tahap penelitian memfokuskan pada topik dan tema yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Kemudian tahap persiapan memerlukan alat-alat seperti perangkat keras sebagai alat bantu untuk membuat pertanyaan isian untuk angket. Selanjutnya adalah tahap pengerjaan dimana peneliti langsung terjun ke lapangan untuk menyebar angket kepada para peserta didik. Terakhir, dilakukan evaluasi terhadap jawaban-jawaban dari angket yang sudah disebar. Untuk membuktikan validitasnya, dilakukan observasi dengan menyebarkan angket pada sejumlah peserta didik. Kelebihan penggunaan Canva yaitu efektif, memiliki banyak fitur menarik, simpel, efisien, dan lengkap. Fitur Canva yang paling banyak diminati merupakan fitur foto. Namun kelemahannya fitur premium yang menjadi kendala. Penggunaan Canva pun tidak diajarkan di sekolah. Meski ada perangkat lain yang serupa, kebanyakan peserta didik tetap memilih Canva. Dalam Penelitian ini digunakan metode penelitian kuantitatif, yakni metode survei dan metode kuisioner (angket), dimana responden merupakan sumber informasi utama. Terdapat banyak fitur dalam Canva yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi tersebut diperoleh hasil angket peserta didik sebanyak 96,7% peserta didik telah menggunakan Canva sebagai media dalam kegiatan pembelajaran.