Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Biografi Melalui Pendekatan Mind Mapping Pada Siswa Kelas X di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks biogarfi dengan menggunakan pendekatan mind mapping peserta didik kelas X TEI_2 SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah X TEI_2 SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan berjumlah 30 siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pembelajran menggunakan pendekatan peta pikiran (mind mapping). Mind mapping adalah pembelajaran yang diawali dengan penyuguhan konsep atau permasalahan yang harus dibahas dengan memberi berbagai alternatif-alternatif pemecahannya. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes dan nontes (observasi dan dokumentasi). Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Pada Prasiklus kemampuan menulis teks biografi mencapai nilai rata-rata 70, dengan kategori nilai yang diperoleh siswa masih tergolong kurang, Siklus I siswa memperoleh nilai rata-rata 78 dan mengalami peningkatan setelah menggunakan pendekatan Mind Mapping, pada siklus I ini nilai peserta didik masuk dalam kategori cukup. siklus II peserta diidk memperole nilai 85 dan memperoleh nialai yang ditetapkan dalam panelitian ini dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penenlitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan siswa meningkat dalam menulis teks biografi dengan menggnakan pendekatan Mind Mapping.