Analisis Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Pendekatan Behavioristik di MI Sunan Giri Tlogo Sari Kota Malang

Abstract

Menanamkan pendidikan karakter bagi peserta didik sangat penting dilakukan bagi suatu lembaga pendidikan. Hal tersebut dibutuhkan untuk membentuk karakter peserta didik yang lebih baik dari sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kiat-kiat penanaman pendidikan karakter di sekolah melalui pendekatan behavioristik. Penelitian ini dilakukan  melalui metode observasi dan wawancara di MI Sunan Giri Tlogo Sari, Lowokwaru Kota Malang. Narasumber dalam penelitian ini berjumlah 7 orang, yaitu kepala sekolah, 1 guru bagian kesiswaan, 1 guru kelas, 2 guru mata pelajaran umum, dan 2 orang peserta didik. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa pendekatan behavioristik melalui sistem Reward, Punishment, dan Modelling sangat efektif dalam menanamkan pendidikan karakter bagi peserta didik di MI Sunan Giri Tlogo Sari, Lowokwaru, Kota Malang.