Pengembangan E-Book Berbasis Android Pada Materi Jamur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-book berbasis android sebagai sumber belajar pada materi jamur, untuk mengetahui kelayakan, serta mengetahui respon siswa terhadap e-book berbasis android. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 3D (define, desain, develop). Penelitian ini dilakukan di SMAN 17 Kabupaten Tangerang dengan populasi 15 siswa kelas X. Adapun teknik pengumpulan data berupa penyebaran angket untuk menguji kelayakan dari e-book yang sudah dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-book berbasis android pada materi jamur untuk siswa SMA kelas X sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran dengan perolehan presentase nilai sebesar 97,5% dari uji ahli materi dan nilai sebesar 83% dari uji ahli media. Kedua nilai tersebut termasuk dalam kategori sangat layak. Hasil dari uji respon siswa memperoleh nilai sebesar 81,3% yang termasuk dalam kategori sangat layak.